Rapat Operator ARKAS Perubahan Tahun Anggaran 2024

Pada hari Selasa, 3 September 2024, bertempat di Korwilcambidik Jayakerta, Kabupaten Karawang diadakan Rapat Operator ARKAS tentang Anggaran Perubahan Pergeseran Tahun Anggaran 2024. Kegiatan tersebut berdasarkan Surat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, tanggal 19 Agustus 2024 Perihal Anggaran Perubahan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2024. Tujuannya adalah untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi penatausahaan Dana BOS Reguler oleh Satuan Pendidikan. Rapat koordinasi anggaran ARKAS perubahan tersebut membahas tentang banyak hal terkait pengelolaan keuangan Dana BOS tahun anggaran 2024. Mengingat banyak data yang harus dikerjakan dalam waktu yang singkat, yaitu terhitung mulai tanggal 1 sampai 7 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Rapat Operator ARKAS tentang Anggaran Perubahan Pergeseran Tahun Anggaran 2024

Rapat Operator ARKAS tentang Anggaran Perubahan Pergeseran Tahun Anggaran 2024 di hadiri oleh Pengurus K3S Jayakerta, Staf Kepegawaian Kecamatan Jayakerta serta seluruh Operator ARKAS SD se-Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, termasuk saya sendiri sebagai Operator ARKAS SDN Kampungsawah V. Untuk pemaparan materi tentang ARKAS Perubahan langsung dari Koordinator Operator Sekolah Korwilcambidik Kecamatan Jayakerta Bapak Yoga Hanggara tentang hal-hal yang berkaitan dengan anggaran perubahan pergeseran pada Aplikasi ARKAS untuk tahun anggaran 2024.

Logo Baru ARKAS 4
Logo Baru ARKAS Versi 4
Sumber : https://pusatinformasi.rkas.kemdikbud.go.id

Sepintas Tentang ARKAS

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS), merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Pada tanggal 7 Agustus 2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi merilis secara nasional Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) versi 4. ARKAS versi 4 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu ARKAS versi 3 dengan tiga pilar kemudahan yaitu lebih praktis, lebih nyaman, dan lebih aman.


Rapat Operator ARKAS Perubahan Tahun Anggaran 2024

Melalui ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah), satuan pendidikan terkoneksi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi setempat dalam proses perencanaan kegiatan sekolah, rekapitulasi data, serta pertanggungjawaban pengelolaan anggaran pada setiap satuan pendidikan.

Diharapkan melalui ARKAS, semua pengelolaan dana BOSP pada satuan pendidikan akan lebih transparan, akuntabel, dan berkesinambungan. ARKAS juga memberi kemudahan administratif, utamanya terkait rekapitulasi keuangan satuan pendidikan sehingga satuan pendidikan akan lebih mudah dalam mengelola manajemen keuangan demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.


Bagi satuan pendidikan, beragam manfaat yang dapat dirasakan setelah menggunakan ARKAS antara lain:
  1. Membuat perencanaan dan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan dana BOSP secara lebih efisien.
  2. Mengubah dan menggeser perencanaan dan penganggaran dana BOSP secara lebih mudah.
  3. Melaporkan hasil realisasi belanja dari perencanaan dan penganggaran dana BOSP secara lebih mudah.
  4. Mempercepat proses pelaporan penggunaan dana BOSP secara efisien dan efektif.
  5. Sudah terintegrasi dengan Dapodik, dan akan terintegrasi dengan aplikasi yang ada di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi seperti Rapor Pendidikan dan SIPLah. ARKAS juga terintegrasi dengan SIPD yang dimiliki oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Manajemen ARKAS (MARKAS).
  6. Memastikan pelaporan yang dibuat sesuai dengan Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan dan Permendagri No. 3 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan pada Pemerintah Daerah.
Sumber : https://pusatinformasi.rkas.kemdikbud.go.id

Demikian postingan kali ini tentang Kegiatan Rapat Operator tentang ARKAS Perubahan Tahun Anggaran 2024. Semoga bermanfaat.

EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Rapat Operator ARKAS Perubahan Tahun Anggaran 2024
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi