Paralympic Games atau Paralimpiade

Kontingen Indonesia Paralimpiade Ke XVII di Paris, Prancis 2024 yang terdiri dari 35 atlet saat ini sedang mengikuti ajang olahraga internasional yang bergengsi yang disebut Paralympic Games atau Paralimpiade. Para atlet ini berkompetisi di 10 cabang olahraga yang menjadi andalan Indonesia, yaitu panahan, atletik, balap sepeda, menembak, renang, boccia, badminton, tenis meja, angkat besi, judo tunanetra. Paralimpiade Paris 2024 tersebut akan berlangsung mulai tanggal 28 Agustus 2024 hingga 8 September 2024. Apa itu Paralympic Games atau Paralimpiade? Paralimpiade adalah ajang kompetisi olahraga internasional untuk atlet penyandang disabilitas. Cabang olahraga yang dipertandingkan beragam seperti pada Olimpiade. Peralatan olahraga untuk Paralimpiade telah dimodifikasi khusus untuk atlet penyandang disabilitas.


Logo IPC - Paralympic Games atau Paralimpiade

Logo Paralympic Agitos
Sumber : https://id.wikipedia.org

Perbedaan utama antara Paralimpiade dengan Olimpiade terdapat pada peserta yang berpartisipasi di ajang tersebut. Paralimpiade hanya boleh diikuti atlet penyandang disabilitas saja, oleh karena itu cabang olahraga yang dipertandingkan juga berbeda, dengan beberapa cabang olahraga lainnya dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan atlet yang berlomba. Ajang Paralimpiade berada di bawah kendali Komite Paralimpiade Internasional (IPC - International Paralympic Committee). Berdasarkan kesepakatan Komite Olimpiade Internasional (IOC - International Olympic Committee) dan IPC, pelaksanaan Paralimpiade dihelat pada tahun yang sama dengan Olimpiade.

Twibbon HUT Karawang 2024 : Twibbon 1: HUT Karawang Ke-391 Tahun 2024

Gerakan Paralimpiade berawal dengan pemanfaatan fungsi rekreasi dan rehabilitasi dari olahraga untuk pasien penyandang disabilitas, yang berubah secara bertahap menjadi olahraga kompetisi yang pada akhirnya menjadi sebuah ajang olahraga tingkat elit, yaitu Paralimpiade. Filosofi Gerakan Paralimpiade adalah salah satu bentuk realisasi diri melalui olahraga kompetitif. Gerakan ini telah berkembang sepanjang 50 tahun terakhir menjadi sebuah puncak pencapaian atlet dengan disabilitas. Gerakan Paralimpiade hari ini diakui sebagai fenomena olahraga global, sebuah perayaan yang luar biasa dari aktivitas fisik kompetitif, yang mendorong banyak orang untuk berpartisipasi dan menjadi yang terbaik.

Twibbon HUT Karawang 2024 : Twibbon 2: HUT Karawang Ke-391 Tahun 2024

Komite Paralimpiade Internasional (bahasa Inggris: International Paralympic Committee, disingkat IPC) didirikan pada tahun 1989 dan berkantor pusat di Bonn, Jerman. IPC memiliki tujuan untuk mengelola pertandingan musim panas dan musim dingin sebagai badan pengatur global gerakan Paralimpiade. IPC berperan sebagai Federasi Internasional dari 9 cabang olahraga, mengawasi dan mengoordinasikan Kejuaraan Dunia yang relevan dan kompetisi olahraga disabilitas lainnya. Majelis Umum IPC tersusun dari 4 organisasi internasional olahraga disabilitas (ISOD), representasi olahraga Paralimpiade yang termasuk 10 olahraga yang dikelola IPC, 7 olahraga ISOD, 19 federasi olahraga Paralimpiade independen, Komite Nasional Paralimpiade (NPC), dan organisasi IPC regional.

Organisasi Internasional Olahraga Penyandang Disabilitas antara lain :
  1. CPISRA (Cerebral Palsy International Sport and Recreation Association);
  2. IBSA (International Blind Sport Association);
  3. INAS-FID (International Sport Federation for persons with Intellectual Disability);
  4. IWAS (International Wheelcair and Amputee Sports Federation).

Twibbon HUT Karawang 2024 : Twibbon 3: HUT Karawang Ke-391 Tahun 2024

Bendera Paralimpiade dengan logo Agitos
Bendera Paralimpiade dengan logo Agitos
sebelum perubahan di tahun 2019
Sumber : https://id.wikipedia.org

Nama Paralimpiade diambil dari bahasa Yunani "para" ("di samping" atau "berdampingan") dan kata "Olimpiade", yang berarti bahwa Paralimpiade adalah suatu kompetisi yang diselenggarakan paralel dengan Olimpiade, dan menggambarkan bahwa kedua gerakan ini hidup secara berdampingan. Simbol Paralimpiade adalah logo Agitos, yakni 3 buah bentuk simetris yang berukuran sama, berwarna biru, merah dan hijau.


Ketiga warna tersebut menggunakan warna yang sama dengan logo Cincin Olimpiade. Logo Agitos pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004, dan mengalami perubahan terakhirnya pada Oktober 2019. Bendera Paralimpiade memiliki latar belakang putih tanpa garis tepi, dengan Simbol Paralimpiade (Agitos) terletak di tengah bendera. Simbol Paralimpiade digunakan juga sebagai identitas Komite Paralimpiade Internasional. Lambang pada tiap pertandingan Paralimpiade juga menyematkan simbol Paralimpiade.

Untuk lebih jelas nya silahkan kunjungi situs: https://id.wikipedia.org/wiki/Paralimpiade
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Paralympic Games atau Paralimpiade
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi