Kegiatan ANBK SD Tahun 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menyelenggarakan Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SD Tahun 2024. Asesmen Nasional ini ditujukan untuk semua jenjang sekolah, termasuk untuk siswa SD (Sekolah Dasar). Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan dengan menggunakan perangkat komputer/Laptop/Chromebook yang terhubung dengan jaringan internet. Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SD ini ditargetkan untuk siswa Kelas 5 (lima) saja. Adapun untuk proses Kegiatan ANBK SD di tahun 2024 tersebut sekarang sudah memasuki tahap sinkronisasi simulasi.

Kegiatan ANBK SD Tahun 2024

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek pada tanggal 5 April 2024 telah menerbitkan Surat Nomor 2045/H.H4/SK.01.01/2024 tentang Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2024, serta Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 019/H/KP/2024 tentang Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional. Mengutip dari laman Pusat Asesmen Nasional Kemdikbudristek, kegiatan Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi.
  • Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  • Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Survei Karakter ditujukan untuk mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu capaian pembelajaran. Pengembangan Survei Karakter Siswa mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Namun, pada pengembangan Survei Karakter Siswa kali ini belum mengikutsertakan akhlak beragama dan akhlak pribadi karena beberapa pertimbangan. Akhlak beragama mengacu pada pemahaman mengenai sifat-sifat Tuhan dan menghayati bahwa inti dari sifat-sifat-Nya adalah kasih dan sayang.


Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan. Hasil dari Informasi yang diperoleh pada survei lingkungan belajar adalah tentang faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar murid.




Di bawah ini adalah Link Download dari laman Pusat Asesmen Pendidikan (PUSMENDIK) Kemdikbudristek tentang Pelaksanaan Kegiatan ANBK SD Tahun 2024 dan jenjang sekolah lainnya.


Link Download Exambrowser ANBK 2024 :

Demikian postingan kali ini tentang Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer(ANBK) SD Tahun 2024. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://pusmendik.kemdikbud.go.id

EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube | Tiktok
Terima kasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Kegiatan ANBK SD Tahun 2024
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi