Selamat Hari Pramuka Ke 63 Tahun 2024

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Besok hari Rabu, 14 Agustus 2024 Kita Memperingati Hari Pramuka Ke-63. Selamat Memperingati Hari Pramuka Ke - 63 Tahun 2024 Sobat Blogger Belajar dan Berbagi di Seluruh Indonesia. Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada tanggal 14 Agustus 1961 menganugerahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional kepada Gerakan Pramuka. Penganugerahan Panji kepada Gerakan Pramuka Pendidikan Kepanduan Pramuka (Praja Muda Karana) ditetapkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 448 Tahun 1961. Maka dari itu setiap tahun pada tanggal 14 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Pramuka. Tema Hari Pramuka Ke-63 Tahun 2024 yang saya kutip dari Website Resmi Gerakan Pramuka adalah Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI
 

Selamat Hari Pramuka Ke 63 Tahun 2024

Sejarah mencatat bahwa gerakan kepanduan melahirkan sikap patriotisme kaum muda yang pada muaranya mematangkan momentum sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah kemerdekaan Presiden Republik Indonesia Ir. Sukarno mengumpulkan 60 (enam puluh) organisasi kepanduan untuk dikonsolidasikan menjadi kekuatan pembangunan nasional. Untuk itu, Presiden Ir. Sukarno mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 Tentang Gerakan Pramuka yang intinya membentuk dan menetapkan gerakan pramuka sebagai satu-satunya perkumpulan yang memiliki kewenangan menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.


Pada peringatan ulang tahun gerakan pramuka 14 Agustus 2006 dicanangkan revitalisasi gerakan pramuka. Momentum revitalisasi Gerakan Pramuka tersebut dirasakan sangat penting dalam upaya pembangunan kepribadian bangsa yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan zaman. Kemudian terbitlah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka disusun dengan maksud untuk menghidupkan dan menggerakkan kembali semangat perjuangan yang dijiwai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat yang beraneka ragam dan demokratis. Undang-undang ini menjadi dasar hukum bagi semua komponen bangsa dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang bersifat mandiri, sukarela, dan nonpolitis dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka ini mengatur aspek pendidikan kepramukaan, kelembagaan, tugas dan wewenang Pemerintah dan pemerintah daerah, hak dan kewajiban para pemangku kepentingan, serta aspek keuangan Gerakan Pramuka. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka disahkan Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta pada tanggal 24 November 2010. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka diundangkan di Jakarta pada tanggal 24 November 2010 oleh Menkumham Patrialis Akbar.

Selamat HUT Pramuka Ke-63 Tahun 2024
Logo Hari Pramuka Tahun 2024
Sumber : https://www.pramuka.id

Blogger Belajar Dan Berbagi
Mengucapkan :
Selamat Memperingati
Hari Pramuka Ke - 63 Tahun 2024
14 Agustus 2024



Demikian postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan ataupun tulisan yang salah serta kurang berkenan di hati.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
EKA IKHSANUDINEKA IKHSANUDIN
Selamat Datang di Blog Pribadi Saya Belajar dan Berbagi. Salam Persahabatan dan Salam Lestari Buana Nusantara dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia.
Follow Me : | Google | Facebook | Twitter | Instagram | Youtube |
Terimakasih Sobat, telah berkunjung dan membaca artikel mengenai :
Selamat Hari Pramuka Ke 63 Tahun 2024
SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
Kampungsawah0703 - Karawang
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
EKA IKHSANUDIN
 
Support : KAMPUNGSAWAH 0703 | EkaIkhsanudin.Net
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Belajar dan Berbagi - All Rights Reserved
BELAJAR DAN BERBAGI - Eka Ikhsanudin
Original Design by Creating Website | Edited by Kompi Ajaib | Blogger by Belajar dan Berbagi